Sebuah Nama Sebuah Cerita 1

Muhammad Irwan Andriawan



Mungkin bagi pembaca judul tulisan ini terdengar tak asing. Terlebih lagi bagi para fans setia peterpan band (biasanya dipanggil sahabat peterpan). Sekarang mungkin nama itu kurang terdengar lagi terutama bagi para penikmat musik tanah air. Tidak lain tidak bukan karena peterpan sudah lama berganti menjadi noah band. Saya tidak akan membahas panjang lebar tentang peterpan dan noah meskipun saya sendiri merupakan fans peterpan sekaligus noah karena fokusnya bukan kepada hal tersebut.

Ya, Sebuah nama sebuah cerita. Tentu setiap orang memiliki nama. Siapapun itu dan apapun itu, nama akan menghasilkan cerita. Cerita yang bisa jadi, dimulai saat tangisan pertama kita menyaksikan bumi atau cerita flashback kisah-kisah masa lalu. Semua ada di lapisan kisah yang terangkum dalam sebuah nama. Pernah dengar istilah "sebuah nama adalah doa"? Nah, Izinkan saya mengisahkan cerita dari sebuah nama yang melekat pada jiwa ini.

Irwan, panggilan akrab yang melekat padak saya. Lengkapnya Muhammad Irwan Andriawan. Tentu setiap kata memiliki makna. Begitu pula sebuah nama. Terdapat 3 kata dalam nama saya dan terdapat kata istimewa di sana. Kata pertama ialah "Muhammad". Muhammad merupakan nama yang mulia karena itu merupakan nama orang yang paling mulia di muka bumi. Nabi akhir zaman. Nabi penyempurna akhlak manusia. Sungguh berat mengemban nama itu. Ada rasa bangga sekaligus berat menjaganya. Namun, sebagai seorang manusia kita harus tetap berusaha untuk menjadi lebih baik terus menerus. Itulah mengapa sebuah kisah selalu muncul dari sebuah nama. Karena nama menjadi energi positif yang mendorong jiwa untuk berbuat baik. Lebih dari itu, nama kita sesunggunya telah tercatat di sisi sang pencipta jauh sebelum kita mengenal dunia. Begitupun kisah di dalamnya. Satu nama beribu kisah di dalamnya.

Kembali lagi ke bagian nama saya. Kata kedua ialah "Irwan". Saya sendiri tak tau pasti arti kata tersebut. Karena memang saya tak pernah menanyakan arti kata itu kepada ibu dan ayah saya. Namun, saya yakin kata itu memiliki makna dan saya yakin orang tua saya memberikan nama itu dengan rasa bangga karena nama itu pastinya nama yang baik. Kata ini menjadi icon saya di dunia pendidikan. Dari awal saya mengenyam pendidikan dasar sampai hari ini, ketika saya menuliskan artikel ini, kata itu cukup menemani saya dan menjadi sebuah identitas. Walaupun "Irwan" adalah kata yang tidak terlalu unik, tapi saya bangga menjadi diri saya. Hehehe...

Potongan terakhir nama saya adalah "andriawan". Kata ini memiliki makna "dingin". Setidaknya itu yang saya ingat dari perkataan seorang guru ketika saya masih SMP. Terlepas itu arti yang tepat atau tidak, kata dingin berwujud pendiam di dalam diri saya. Kata ini yang menarik perhatian saya untuk memutuskan diri menggunakannya menjadi nama pena. Ya, andriawan dengan tambahan "-d". Mungkin pembaca heran dengan arti huruf itu, yang jelas itu merupakan inisial dari nama orang yang menginspirasi saya dan menyita perhatian serta senyum saya :). Jadi nama pena saya ialah andriawan-d. Untuk pembahasan detail mungkin akan dibahas lain waktu.

Saat ini, saya hanya ingin memulai cerita hidup saya dengan arti dibalik nama saya. Untuk artikel selanjutnya pembahasan akan lebih menarik karena akan dibahas secara santai dan lebih menarik. Tetap bersama saya :)

Andriawan-d


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sembunyi di Dataran Sunyi

Menebak Pagi

Ilusi Pengkhianatan